Sabtu, 05 Maret 2016

CARA MUDAH MEMBANGUN BENGKEL BAGI MEKANIK Edisi 9

original post n written by 
Khozin Natul Asror Sidiq di Modena service car.
Serial Kewirausahaan :
"CARA MUDAH MEMBANGUN BENGKEL BAGI MEKANIK Edisi 9"
Topik :
" MEMBELI KEPUTUSAN KONSUMEN "
Dear sahabat FKMOI .....
Alhamdulillah ....setelah sekian lama vakum akibat mengurus diklat AMBINDO dan pembentukan PBMJ...
Saya dapat menjumpai sahabat semua diserial kewirausahaan.
Semoga kabar sehat selalu sekeluarga sahabat semua.
Baiklah...dalam kesempatan indah ini saya akan memaparkan tentang " Opportunity Cost atau biaya yang dikeluarkan untuk membeli keputusan konsumen"
Dalam beberapa waktu ini, kita dikedepankan pada berbagai masalah tentang realita pelemahan sistem ekonomi nasional bahkan global.
Dan dampak dari keadaan ini terindikasi dengan hengkangnya beberapa perusahaan bonafide multinasional. Baik industri otomotif, elektronik, manufaktur, pertambangan, dan industri kreatif lainnya.
Dalam dunia otomotif, jelas sudah Ford menyusul Chevrolet hengkang dari negara kita akibat pemasukan dari penjualan mobil produksinya tak cukup mampu menutupi biaya operasional. Dan GAIKINDO pun merilis daftar penjualan mobil secara nasional tahun 2016 tereduksi mendekati angka 15 % dari target total penjualan pertahun.
Tak terkecuali, dalam skala kecil kita sebagai pebengkel juga mengalami pelemahan serupa.
Saya dan beberapa rekan di PBMJ merasakan fenomena tersebut. Bahwa tahun 2015 cukup berat, meskipun ada pekerjaan namun kuantitas servis standart sekali. Dan mengawali tahun 2016 kondisi juga belumlah seperti harapan...
Pekerjaan tetaplah ada namun masih jauh dari target proporsional.
Apakah kita menyerah pada kondisi ini...oh tidak.
Bukan type mekanik sejati yang mudah menyerah pada keadaaan.
Mekanik adalah identik dengan maskulinitas, pantang menyerah, semangat juang tinggi....dan bermental baja.
Kelesuan adalah sebuah keadaan....yang banyak dipengaruhi oleh faktor alam dan tata kelola...
Lantas bagaimana merubah kondisi demikian menjadi bergairah kembali ?
Pada pertengahan Mei 2015 yang lalu, saya mendapat undangan paguyuban SMK Otomotif Binaan Daihatsu se Jawa Tengah dalam acara penyerahan sertifikat ISO untuk SMK Pancasila Kutoarjo dan pencanangan program " Pintar Bersama Daihatsu "
Dalam kesempatan itu saya ditarik kepala sekolah untuk duduk bersama dalam jamuan seusai acara...disitu kami bertemu dan bercakap-cakap langsung dengan bp Ari Junaidi selaku manajer HRD TAM.
Great...saya menyampaikan beberapa keluhan tentang peningkatan produktifitas usaha jasa yang sedang dalam trend pelemahan.
Beliau banyak memberikan masukan, salah satunya sama dengan masukan yang saya dapat dari salah satu petinggi pabrik tekstil terkemuka Jogja, PRIMMISIMA yaitu tentang " OPPORTUNITY COST" yang dalam bahasa kita adalah‪#‎mengeluarkan_biaya_untuk_melakukan_langkah_peningkatan_usaha_untuk_membeli_keputusan_konsumen‬.
Membeli keputusan konsumen ?
Kedengarannya aneh ya...?Hehehe...
Yuk...coba kita urai bersama....biar gak tegang kopinya diseruput dulu...!
Ketika kita kedatangan konsumen untuk mempercayakan perawatan mobilnya pada bengkel kita, sesungguhnya konsumen sedang "menjual" keputusan dirinya pada kita dengan harapan kita mampu "membelinya".
Kongkritnya adalah " faktor-faktor apakah yang mampu membuat konsumen memutuskan untuk mempercayakan perawatan mobilnya pada bengkel kita ?"
Lantas dengan apa kita membeli keputusan mereka.....
Menarik bukan..? Pasti...ini menjadi salah satu yang selalu dipikirkan oleh pebengkel seperti kita...!
Untuk bisa membeli keputusan konsumen, maka kita wajib memenuhi beberapa kriteria berikut :
1. Sumber Daya Manusia
2. Lokasi Usaha
3. Fasilitas Kerja
4. Kualitas kerja
5. Pelayanan Prima
Yuk....kita urai satu persatu ...
1. SUMBER DAYA MANUSIA ( SDM )
Adalah pemegang peranan penting dari seluruh rangkaian sistem usaha perbengkelan.
Pada kriteria ini terbagi menjadi dua :
a). KEAHLIAN atau SKILL
Keahlian seorang mekanik sangat mutlak diperlukan. Untuk bisa menyelesaikan setiap tantangan kerja. Disini selain keahlian juga kecakapan dalam mengerjakan...orang boleh pandai dalam teori namun bila tak cakap dan cekatan dalam proses pengerjaan, maka akan menjadikan dia kalah bersaing.
Begitu juga cakap dan cekatan namun tak memiliki kemampuan keahlian yang mumpuni akan menghasilkan pekerjaan yang amburadul.
Disini, diperlukan kombinasi antara skill mumpuni dan kecakapan kerja hingga dapat tercapai penanganan kerja yang maksimal.
b). BUKU PANDUAN
Sebagai mekanik, tentu beragam mobil yang kita tangani. Sedang kita tentu terbatas kemampuan otaknya untuk bisa merangkum semua sistem dari berbagai mesin beserta seluk beluk permasalahannya. Disinilah buku panduan diperlukan untuk mempermudah pekerjaan. Pada masa sebelum 10 tahun lalu, saat sistem digital belum merajai seperti sekarang, untuk mendapatkan sebuah buku panduan bukanlah perkara mudah. apalagi masing-masing dealer seringkali membatasi akses pihak luar untuk mendapatkannya.
Pak Nophedi Soedjanmoko mungkin satu-satunya mekanik di Indonesia yang memiliki 3 almari besar dan beberapa kardus koleksi manual book, sebagian dalam bahasa Jepang dan English.
Adalah hasil keseriusan dan ketekunan beliau berburu dari berbagai relasi.
Dalam satu kesempatan saya silaturahmi ke bengkel nya, beliau menceritakan bagaimana suka duka untuk dapat memiliki koleksi manual book tersebut.
Selain waktu dan tenaga, koleksi itu telah menelan ratusan juta rupiah agar bisa mengisi almari almari beliau dalam satu ruangan di bengkelnya.
Sungguh, saya sangat kagum atas dedikasi beliau dalam menempuh semua itu demi untuk dapat "membeli" keputusan konsumen.
2. LOKASI USAHA
Lokasi sebuah usaha bengkel sangat berpengaruh bagi konsumen untuk memutuskan mempercayakan mobilnya.
Beberapa lokasi yang secara geografis menguntungkan :
a) Ditengah kota
Ini menjadi salah satu favorit pebengkel karena ditengah kota mobil banyak berkumpul dan sumber alat bahan tambah seperti sparepart dan jasa bubut atau korter dll mudah ditemukan sehingga sangat mendukung untuk dapat menghasilkan pekerjaan dalam waktu singkat. Sehingga efisiensi dapat diperoleh..pekerjaan singkat biaya operasional dan time load minim....
Hanya saja, investasi lokasi maupun kontrak / sewa jelas menjadi pertimbangan tersendiri...mahal Boss......!
b). Dekat Perkantoran
Jelas dimana ada komplek perkantoran disitu akan berjubel kendaraan. Sangat potensial menjadi pelanggan. Tinggal sebar brosur..syukur2 melakukan penawaran langsung pada instansi-instansi...!
c). Dekat Lokasi Perumahan
Hampir mayoritas penghuni perumahan saat ini memiliki mobil.
d). Pinggiran Kota
Ini bisa menjadi alternatif paling rasional untuk pebengkel dengan modal terbatas.
e). Dipedesaan pada masa sekarang sudah banyak yang memiliki mobil, namun meski pertimbangan sewa atau beli lahan murah namun perkembangan usaha tak bisa digenjot akibat konsumen hanyalah tetangga kanan kiri yang tak bisa kita kenakan tarif standart...padahal tenaga dan fikiran yang kita keluarkan sama persis dengan.pekerjaan dikota.
( Tapi kalau tanah warisan mertua asyik kali ya...gak perlu beli hehehe)
3. FASILITAS KERJA
Bengkel dengan alat pendukung yang lengkap dan modern tentu akan sangat layak dan pantas menjadi alternatif konsumen untuk memutuskan menjadi pelanggan disitu.
Namun...untuk sebuah usaha skala rumahan, kita mesti berjibaku dalam segala keterbatasan untuk mampu menyelesaikan setiap mobil yang masuk dengan troble rumit.
Apalagi diera seperti sekarang yang semua serba digital...maka wajib bagi mekanik memiliki fasilitas pendukung analisa kerja...walau sederhana...
Lakukan banyak penyimpanan uang dengan mengurangi kebiasaan My Trip My adventure agar bisa memiliki alat bantu yang memadai, sehingga pekerjaan dapat berjalan efisien.
Selain alat2 digital...alat bantu manual juga sangat membantu pekerjaan.
Alat-alat bantu ini susun dg formasi yang baik dan mudah dilihat konsumen. Ingat....seperti apapun bentuk mobilnya konsumen sekarang sangat sensitif, dengan melihat kelengkapan peralatan kita yang cukup memadai...konsumen akan terdongkrak kepercayaannya kepada layanan kita.
4. KUALITAS KERJA
Ini...selalu menjadi banyak perdebatan oleh sekumpulan mekanik. Ada pro dan kontra tentang seperti apa sih " Kualitas" itu....?
Secara harfiah, kualitas kerja adalah : " hasil perbaikan pada mobil yang menjadikan kondisi mobil lebih baik daripada kondisi sebelum diperbaiki dan dapat bertahan lama..! "
Darimana kualitas kerja ini didapat...? :
Dari rangkaian proses pengerjaan oleh mekanik yang memiliki skill mumpuni dan cakap, didukung alat kerja yang memadai dilokasi yang nyaman serta memakai spare part yang asli dan dengan garansi yang dapat dipertanggung jawabkan !
Jangan lupa....berikan garansi yang cukup !
5.LAYANAN PRIMA
Ini.....yang menjadi banyak permasalahan antara mekanik dengan konsumen.
Disini...perlu sebuah pendidikan khusus tentang pendidikan perilaku mekanik/pemilik bengkel.
Banyak mekanik kerja bagus..tapi karena ketidakmampuan dalam menangani konsumen akhirnya usaha mandeg.
Begitu juga mekanik mampu menangani konsumen dengan baik tapi kerjaan gak becus....jas buka iket blangkon alias sama juga sami mawon.
Layanan prima adalah :
Seluruh rangkaian penanganan mobil dan pemilik mobil dimulai dari :
- Menyambut konsumen datang, senyum, bukakan pintu, tanyakan kabar dan basa basi sesaat, persilahkan konsumen, ajak ngobrol lalu tanyakan perlu bantuan apa, setela konsumen menyampaikan keluhan, catat...lalu buatlah estimasi mengenai : 1. Jenis perbaikan, 2. Lama waktu pengerjaan, 3. keperluan penggantian spare part , dan jasa perbaikan....
Cek.semua kondisi mobil secara menyeluruh dan lakukan pencatatan pada beberapa item yang sudah usang atau berubah dr spesifikasi lalu bila mendapati ada gejala abnormal pada mobil, sampaikan pada pemilik agar bisa diputuskan untuk memilih prioritas pekerjaan yang paling urgent.
Pada masa dewasa ini, pelayanan yang prima sangat mempengaruhi diri konsumen.
Bahkan pada beberapa kasus walau pekerjaan tidak sempurna, namun karena layanan pada konsumen sangat baik, dapat menjadikan konsumen terpikat dan tak bisa ke lain hati.
Bahkan dalam satu kalimat pada postingan om Junisra Syam di Curhat Otomotif disebutkan, bahwa :
" Layanan prima dapat lebih berpengaruh daripada kualitas kerja atau harga murah !"
Nah lho....ini menunjukkan arti penting sebuah pelayanan, ini yang melandasi setiap perusahaan layanan jasa menggunakan Costumer Servise yang terdidik agar mampu melayani dan berkomunikasi dengan baik.
Inilah rangkaian sebuah langkah peningkatan kinerja yang kita lakukan secara bertahap dan berkesinambungan untuk terciptanya sebuah layanan jasa yang memuaskan demi untuk MEMBELI KEPUTUSAN KONSUMEN...!
Aaahh...tak terasa sudah larut ya...
Sampai disini dulu pertemuan kita, banyak salah saya mohon maaf yang sebesar-2nya.
Semoga sekelumit tulisan ini dapat mmberikan stimulasi positif bagi kita untuk lebih maju dan berkembang.
Silahkan layangkan saran dan kritik demi kemajuan bersama.
Untuk sahabat yang baru gabung silahkan ikuti Serial Kewirausahaan ini dari edisi 1 sd edisi 8 di laman web resmi FKMOI www.otocare.net
Salam penuh cinta untuk hidup lebih baik....
Komentar
Mohamad Anthon Subekhi Luar biasa ulasannya....wajib dicontoh dan dipraktekkan

Reza Parisol ALHAMDULILLAH....
Sangat bermanfaat om Khozin Natul Asror Sidiq....
Dan menjadi motivasi buat mekanik yang masih belum mandiri seperti saya ini.......


Utama Diesel Supeer ...sekali

Khozin Natul Asror Sidiq Wadduh..ketahuan master ini...mohon bimbingan om Mohamad Anthon Subekhi bagian3 hang kurang....biar tambah manfaat bagi sobat2...
Harus semangat mas Reza Parisol Apa kabar nih...?
Aamiin om.Haji Utama Diesel...


Mohamad Anthon Subekhi Sudah sangat jelas dan gamblang

Reza Parisol Alhamdulillah baik mas Khozin Natul Asror Sidiq

Khozin Natul Asror Sidiq Alhamdulillah banyak masukan saat saya silaturrahmi ke BengkelMobil Anugerah PrimaMotor jadi bahan berharga untuk ulasan saya om Mohamad Anthon Subekhi ...
Alhamdulillah...kegiatannya apa mas Reza Parisol


Reza Parisol Masih d tempat yg lama mas Khozin Natul Asror Sidiq....
Oy itu kalau mau ikut bimbingan yg dari astra harus punya bengkel sendiri dulu yaa mas....?

Ongky AP Istimewa om Khozin Natul Asror Sidiq..juniornya ikut belajar

Khozin Natul Asror Sidiq Tidak juga mas Reza Parisol asalkan didaerah mas Reza ada perkumpulan mekanik dna bengkel maka bisa mengajukan ke YDBA...untuk mendapat layanan training mas..

Khozin Natul Asror Sidiq Mangga mas Ongky AP sama2 belajar...apa kabar banyuwangi..?Katanya ada kapal karam...?

Ongky AP Alhamdullilah aman om..iya om,cuma tempatnya jauh dari saya

Khozin Natul Asror Sidiq Kirain dekat...Kapan jadi privat ke Jogja masOngky AP

Ongky AP belum tau ini om, bengkel masih kekurangan tenaga soalnya,jadi belum bisa ninggal

Buy Benk Enak di bacanya om. Bermanfaat buat saya

Arya Montir super sekali masukanya mas terimakasih atas saranya

Khozin Natul Asror Sidiq Terimakasih mas Tri Wahyu, om Buy Benk san mas Arya Montir selamat beraktifitas...sukses selalu ya....!

Didikae Terima kasih banyak mas Khozin Natul Asror Sidiq

Khozin Natul Asror Sidiq Sama2 mas Didikae tetap semangat ya...dan sabar dalam merintis..jangan lupa seperti apapun keadaannya...layani konsumen dg sepenuh hati.

David Meng inspirasi mas
Terimakasih. jos pokoke 


Yusni Mekanik siap ,om khozin Natul Asror Sidiq..

Khozin Natul Asror Sidiq Terimakasih om David dan om Yusni Mekanikselamat beraktifitas semoga lancar dan sehat....!

Gionperkasa Motor Mario Teguh

EMok Yaya UWa sangat bermanfaat om ...makasih bgd ilmun

Joko Endarwanto subhanalloh ,mas khozin dah bersusah payah mencurahkan pengalamannya dan menulisnya disini ,semoga bisa bermanfaat buat sesama ..makasih mas khozin

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money