Jumat, 28 Agustus 2015

"Cara Mudah Mendirikan Bengkel Bagi mekanik edisi ke 8"

Ditulis oleh :

Khozin Natul Asror Sidiq  owner dari bengkel  Modena service car di Jogjakarta 

Serial Kewirausahaan :
"Cara Mudah Mendirikan Bengkel Bagi mekanik edisi ke 8"
"KAPAN WAKTU YANG TEPAT MULAI MENCARI KARYAWAN?"
Assalamualaikum.....
Salam sejahtera untuk sahabat seprofesi
Diseluruh tanah air.....hemmm cuaca cerah hari ini....
Lama tak bersua, rindu rasanya, hanya salam dan doa semoga kabar kalian sehat dan selalu dalam lindungan-NYA..Aamiin
Alhamdulillah....jeda cukup lama akhirnya serial ke 8 bisa saya rilis...mohon maaf sekali karena banyak hal yang harus saya penuhi sehingga artikel ini terhambat waktu tayang.
Namun, tetep seperti komitmen saya, sebisa yang saya mampu akan saya bagi seluruh pengalaman membangun usaha bengkel dengan modal minimum dengan hasil maksimum.
Bahagia sekali belakangan ini semakin banyak sahabat mekanik yang telah tergerak untuk mandiri, mulai dari yang sedang merintis secara freelance diluar jam.kerja perusahaan sambil ngimpulin alat dan modal, ataupun yang sudah gagah berani mengambil keputusan keluar dari perusahaan dan mendirikan usaha...
Dua jempol untuk kalian....tentu tak mudah memang melalui masa transisi...namun keyakinan kuat untuk mandiri mengalahkan segala galang rindang dengan doa yang senantiasa tercurah pada-NYA.
Senang rasanya selalu banyak inbox dan bbm masuk untuk saling berbagi pengalaman usaha mandiri skala kecil ini...
Dan kali ini saya ingin mengulas mengenai beberapa hal mendasar yang sering menimbulkan "kegalauan" pebengkel baru yaitu seperti judul diatas.
Kerjaan banyak repot, semua pengen cepet rampung, tapi mau ambil karyawan pusing...nah lho...?!
Memiliki karyawan, adalah impian setiap pengusaha apapun itu tak terkecuali dunia perbengkelan, dengan memiliki pekerja/team work/karyawan/partner maka efektifitas waktu dan efisiensi kerja dapat dilakukan dengan lebih baik, dan otomatis akan menambah jumlah pendapatan usaha.
Penanganan prosedur kerja mulai dari analisa, estimasi, eksekusi, dan pengerjaan serta finishing akan jauh lebih mudah dan ringan bila kita dibantu oleh seorang mekanik pembantu....
Masalah klise yang sering menghinggapi para pemilik bengkel baru adalah "kapan" waktu gang tepat untuk mencari seorang mekanik. Dari pengalaman yang saya dapat atas masukan seseorang, dan berhasil saya realisasikan.
Memiliki karyawan adalah mengandung sebuah konsekwensi terkait kesejahteraan karyawan mulai dari makan, dan gaji. Dan kebanyakan dari para pebengkel untuk memulai merekrut pembantu selalu dihantui rada kekhawatiran andai nanti kita tak mampu memberikan gaji secara rutin akibat kerjaan yang belum tentu jumlahnya secara rutin.
Hingga hal ini yang perlu perencanaan matang dan konseptual. Mari kita bahas bersama....
Pada awal mula bengkel berdiri, kita mesti menyiapkan mental juang, berani menghadapi segala resiko pekerjaan mulai dari rame, sepi, kerjaan sulit, konsumen sulit, pengadaan spare part, semua ditanggung sendiri.
Dalam masa itu, lambat laun dg kesabaran usaha mulai dikenal, dan pekerjaan mulai rutin, dan tentu beban semakin berat untuk ditanggung sendiri, maka hal yang harus dilakukan adalah lakuka banyak penhematan agar bisa menyisihkan uang. Membangun usaha adalah membangun impian kita untuk lebih baik. Maka "hemat" adalah sebagai kata kunci untuk bisa melakukan pengembangan usaha, salah satunya adalah perekrutan tenaga kerja. Untuk bisa melakukan penggajian karyawan sg sehat maka sebelum kita merekrut karyawan hendaklah kita telah memiliki tabungan untuk gaji karyawan selama tiga bulan kedepan. Misalkan dj Jogja, gaji mekanik standart (belum dg bonus dan tunjangan keluarga) Rp. 1jt 600 rb, maka kita akan.mulai merekrut karyawan saat uang tabungan persiapan gaji karyawan telah mencapai 4,5 juta. Ingat ini diluar uang unntuk operasional keluarga, benar2 uang utuh untuk persiapan penggajian.
Dengan persediaan 3 kali gaji, maka pada bulan depan saat kita sudah harus menggaji karyawan, kita sudah bisa menggaji dibuang tabungan kesatu dan.masih sisa uang tabungan bulan ke dua dan ketiga..ditambah dengan tabungan baru hasil bulan ini.
Dengan sistem.seperti ini maka kita akan memiliki tiga kelebihan 
  1. 1. Saat kerjaan sedang tidak ramai, hasil bulan ini tak cukup maka tabungan.bisa diambil untuk subsidi gaji bulan ini.
  2. 2. kita memiliki keleuasaan dalam.bekerja tampa terbebani persoalan gaji karyawan...
  3. 3. Penggajian akan tepat waktu sehingga kondisi kerja kondusif dan terkendali....

Seiring berjalannya waktu, maka tabungan akan bertambah dan kita mulai menyisihkan sebagian uang selain untuk gaji juga untuk pengembangan usaha. Mungkin bisa dilakukan dengan peningkatan modal mandiri melalui persediaan spare part dan oli....Sperti yangboernah sayabulas pada serial sebeljm2nya tentang konsep pengembangan modal mandiri tanpa tergantung dengan bank....
Demikian ulasan untuk kali ini ...bagi sahabat2 yang tertarik mendirikan bengkel mangga untuk bisa mengakses serial kewirausahaan ini dari jilid 1 sd 7 di www.otocare.net .
Akhir kata mohon maaf bila banyak hal yang kurang berkenan...semiga.yang sedikit ini mampu memberikan secercah inspirasi untuk kemajuan usaha sobat semua....
Salam dan doa dari saya di Jogjakarta....
Terimakasih banyak untuk Founder FKMOI mas Joko Endarwanto atas kesediaannya menampung aspirasi saya yang sederhana ini.
Terimakasih juga untuk AMBINDO yang telah banyak memberikan bimbingan.tentang pengelolaan bengkel yang sehat dan.maju.
Big thanks to :
Bang Richson Otosolusi Bms
Om Sony Chon
Om Mas Poer
Kang Otto,
Kang Asep Rusgandi
dan senior2 lain diseluruh Indonesian .
Insyaallah untuk serial 9 tentang "OPPORTUNITY COST" atau "Biaya yang kita keluarkan untuk membeli keputusan konsumen"
Ini sedikit rumit namun feedbacknya luar biasa....tunggu saja semoga kita diberinkelapanfan waktu dan kesehatan.....
Bravo FKMOI...Bravo AMBINDO, bravo Mekanik Indonesia.....

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money