Rabu, 27 Mei 2015

INGIN MEMILIKI Scantool?.. BACALAH INI DENGAN TELITI (bagian 3)


INGIN MEMILIKI Scantool?.. BACALAH INI DENGAN TELITI (bagian 3)
Diperlukan waktu dan pengamatan yang serius untuk mengetes kemampuan bi-directional dari scantool. Mengapa bi-directional sangat penting pada scantool? Umpamanya, jika melakukan pekerjaan bleeding minyak rem pada ABS, melalui menu bypass mode maka proses bleeding bisa dilakukan dengan sempurna (meskipun tanpa scantool, pekerjaan bleeding minyak rem masih bisa dilakukan), tentu saja memerlukan waktu yang lebih lama….
Pada umumnya untuk mendapatkan scantool dengan kinerja seperti diuraikan di atas, tentu saja tidak bisa dengan harga yang relatif murah, karena diperlukan waktu dan tenaga untuk mengembangkan generic scantool yang mendekati cocok digunakan oleh bengkel-bengkel after market.
Saat ini banyak ditawarkan berbagai scantool dengan harga “miring” yang berbasiskan PC, Laptop maupun PDA, baik penawaran berupa software saja maupun software dan hard ware-nya, bahkan ada juga scantool yang harganya sangat murah (mereka meneyebutnya dengan scantool, tetapi lebih tepatnya adalah “scanreader” yang dapat membaca DTC saja dan scanreader ini hanya bisa mengakses ECU-OBD2.
Diperlukan beberapa pertimbangan sebelum “terpancing” untuk memiliki jenis scantool tersebut, atau hanya sekedar pilihan kedua, setelah scantool “Handheld” yang lebih umum dan lebih familiar digunakan oleh teknisi otomotif.
Menurut beberapa informasi berdasarkan pengalaman di lapangan scantool berbasiskan Laptop, PDA atau sejenisnya lebih cepat dapat mengakses ke ECU, namun kecepatan tersebut terasa terganggu, bilamana akses ke ECU/PCM sering gagal dan terpaksa distart ulang yang pada akhirnya kepercayaan teknisi pada scantool tipe handheld semakin meningkat, sebab jenis handheld meskipun sedikit lebih lambat mengakses ke ECU, tetapi hampir tidak diperlukan start ulang bila terjadi kegagalan komunikasi antara scantool dengan ECU/PCM.
Namun tidak tertutup kemungkinan pada masa mendatang bahwa scantool dengan tipe bukan handheld akan lebih baik, akan tetapi pilihan pada scantool jenis handheld adalah pilihan yang cukup tepat saat, karena sejak dari awal sudah familiar dengan teknisi kita.
UPDATEABILITY
Sama seperti halnya investasi, LEBIH BAIK ANDA BACA dan MINTA KETERANGAN SECARA DETAIL bila perlu dengan perjanjian tertulis saat kita membuat keputusan untuk memiliki sebuah scantool, banyak penjual memuji kelebihan produk mereka (tapi mungkin mereka sendiri tidak faham secara detail setiap fitur yang ditampilkan oleh produk itu).
(Heee, masih bersambung..)
klik here untuk bagian 4 


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money