Selasa, 09 Desember 2014

CARA MUDAH MENDIRIKAN BENGKEL BAGI MEKANIK bagian 5

Serial Kewirausahaan Bag. 5
"CARA MUDAH MENDIRIKAN BENGKEL BAGI MEKANIK "
Assalaamualaikum....
Salam sejahtera sahabat mekanik diseluruh tanah air.
Alkhamdulillaah.. Bahagia sekali di hari yang cerah dan penuh cinta ini saya dapat kembali memenuhi janji saya melanjutkan uraian kewirausahaan.
Semoga kabar sehat selalu untuk sahabat semua, sembari melakukan apa saja...mari kita urai bersama benang kusut ini agar menjadi sebuah pencerahan yang bermakna dan memberi manfaat positif...
Namun sebelumnya perlu saya menyampaikan terimakasih dengan masukaan-masukn dari sahabat mekanik semua...dan itu membuat saya lebih bersemangat lagi untuk saling berbagi.
Namun ada satu hal yang perlu saya sampaikan...bahwa uraian ini adalah untuk membantu mereka2 para sahabat mekanik yang ingin mendirikan bengkel namun terkendala modal, maka dari itu saya uraikan dengan detail hal2 sederhana yang sangat mungkin untuk mampu diadopsi oleh rekan2 mekanik yang memiliki keinginan kuat mandiri dengan metode sederhana dan dengan persiapan modal yang juga "sederhana", namun dgn harapan "kesederhanaan modal" itu dapat berkembang menjadi usaha yang mapan dan berkesinambungan serta memberi manfaat untuk orang lain.
Maka sekali lagi saya sampaikan bahwa ini bukan untuk pribadi yang memiliki modal...jadi mhn maaf sekali bila dalam uraian kami tidak menyampaikan hal2 yang berbau "alat yang serba standart" dan SOP seperti manajerial pada unit usaha dg budged mapan.
Dan kali ini...kita telah menginjak pada bagian ke 5, yaitu :
5. HAL-HAL YANG MEMBANTU PERCEPATAN USAHA
Ini menjadi trending topic inbox dan komen tentang hal2 yang membantu percepatan usaha. Dalam seminar kewirausahaan pengusaha muda Muslim Jogja, dijabarkan beberapa trik langkah yang membantu percepatan usaha. Nah lewat uraian ini, hasil seminar itu saya coba adaptasikan ke dunia perbengkelan. Ada dua faktor langkah percepatan usaha yaitu:
A. Faktor Eksternal
B. Faktor inyernal
Mari kita coba ungkap tabir misteri yang menyelimuti langkah percepatan usaha itu satu persatu :
A. Faktor Eksternal
Adalah langkah percepatan yang melibatkan berbagai unsur yang bersifat publising / pengenalan. Langkah pengenalan adalah mnjadi faktor terpenting yang harus dilakukan agar usaha kita menjadi dikenal oleh khalayak/calon pelanggan.
Dibawah ini saya tuliskan beberapa langkah publishing dengan cara mudah dan murah:
1. Konsumen berantai
Adalah sistem publising yang melibatkan konsumen kita yaitu, saat mobil konsumen selesai dikerjakan dan konsumen melkukan transaksi biaya servis, saat itulah kita menyampaikan maksud kita dengan cara yang santun dan sedikit basa basi...
"Trimakasih sekali pak atas kesediaan Bapak servis di bengkel kami.
Bila esok lusa ada kekurang sempurnaan dr hasil perbaikan kami, tidak usah sungkan silahkan keluhkan pada kami biar segera dapat kami recek dan benahi ulang, insya ALLOH saya garansi sampai dua minggu(misalkan) kedepan.
Dan jangan lupa, bila ada kenalan atau rekan, keluarga Bapak perlu bantuan perbaikan...silahkan hubungi kami..dengan senang hati akan kami layani!" Nah lho.....
2. Sosial Media
Ini sistem publising yang murah meriah...bisa lewat bbm teman, saudara, kenalan, atau bahkan konsumen kita maka dengan cepat nama bengkel kita diketahui banyak orang.
3. Iklan surat kabar lokal, radio lokal, brosur, pamfleat, kartu nama..hal ini sdh saya urai pada bagian sebelumnya.
B. FAKTOR INTERNAL
Adalah sistem percepatan usaha yang mengedepankan kinerja seluruh unit usaha bengkel kita melalui :
1. PEMBENAHAN SISTEM KERJA
Adalah langkah percepatan usaha dengan melakukan pembenahan pada sistem kerja diantaranya sebagai berikut :
a). Sikap kerja.
Dimasa sekarang ini, faktor prestige dan harga diri semkin dominan...apapun itu selalu harta menjadi ukuran sukses tidaknya seseorang. Dan dari kebanyakan orang yang sudah punya mobil, selalu ingin diposisikan istimewa (saya katakan, tidak aemua begitu...ada yang monilnya bejibun tapi tetep low profile)
Maka, kita harus bisa menempatkan konsumen sebagai raja bagi kita.
Mari kita lakukan proses penanganan kerja dengan santun, turur kata yang enak didengar, perilaku dan sikap tubuh yang santun (tidak pethakilan). Senantiasa melayani setiap pertanyaan konsumen dg baik dan apa adanya...meski terkadang ada konsumen yang bersikap meremehkan atau kurang simpatik...tekan dg sepwnuh hati jgan sampai ada tang, obeng, dongkrak dan kunci roda mampir dijidad konsumen! Apalagi tendangan Jacky Chan mampir dilambung konsumen.....ciiaaaaakkkk...dessshhh...aaaak!
Sekarang serba sensitif dan pragmatis...perlakuan yang kurang mengenakkan bisa berujung pada kata "mendapatkan perlakuan tidak mengenakkan dan menimbulkan kerugian inmaterial"...di kepolisian atau YLKI...nah lho!
Sikap yang humble dan welcome kita...adalah sebuah iklan jitu yang tak terbntahkan, dengar nih apa kata konsumen pada rwkan kerjanya, " Hey Bro...kalo boil loe ada troble...noh dibngkel si anu...garapannya sih gak top-top amat, stndart gitu...tp orangnya asyik!"...tu kan...terkadang ssikap manis itu bisa menutupi kekurangan dibengkel kita. Ini yang say maksud menjadinpemicu percepatan usaha lewat promosi gratis dari cara kita memanajemen perilaku. Ajiib kan...ciaaaak...desshh...wadduh!
b). Cara Penanganan
Pada bagian ini dibagi menjadi dua :
1. Penanganan pertama pada konsumen.
Saat ada mobil datang ke bengkel, ucapkan alkhamdulillaah... Lalu segera berdiri dan sambut didekat pintu mobil...jgn lupa keep smile-nya dipamerin...kalo perlu latihan senyum ala pepsodent didepan cermin dg ucap kata ciiiiis...(cheese)...aduuh..gak usah lebar2 kelleesss....aroma petenya membahana sampai MODENA nih hehehe.
Saat central lock pintu naik :
- Bukakan pintu mobil
- Ucapkanlah salam ( assalamualaikum, selamat datang atau mangga pak)
- Tanyakan kabar beliau...sehat pak?
- Persilahkan duduk dulu...lalu ajak berkomunikasi basa basi...
-Baru tembak....ada yang bisa saya bantu pak...
- Beliau akan jawab," o iya...ini..mobil saya bla bla bla....
- Persilahkan owner untuk diajak cek troble...andai memerlukan test drive ajak serta...
- Setelah tahu penyakit/mendekati akuratnya hasil analisa.
- Persilahkan duduk lagi dan bicarakan mngenai lama waktu pekerjaan (buat rentang waktu yang lebih dr waktu sebenarnya untuk mengantisipasi andai terjadi keterlambatan pekerjaan akibat sst dan lain hal), penggantian part, harga part, dan jasanya.
Beri pilihan konsumen mau pilih part yang mana...bila beliau minta ori...pasang ori...bila minta kw pasang kw dng disertakan keterangan konsekuensi dr masing2 kualitas part. Agar terhindar dr komplain akibat kesalah pahaman.
- Setelah sepakat untuk penanganan....lanjutkan pada langkah eksekusi.
Disini sepertinya sepele...namun kemampuan kita mengendalikan knsumen dengn cara yang baik secara etika usaha...akan sangat berpotensi mendongkrak percepatan usaha kita.
b). Penanganan pertama pada kendaraan
Setelah thapan negosiasi dengan owner tercapai kesepakatan, maka segera ambil tindakan eksekusi.
Pada langkah eksekusi ini juga diperlukan sistem manajemen pengerjaan agar pekerjaan dapat berjalan dengan efisien dan efektif.
Secara normal, dalam melakukan permulaan mmbuka usaha setidaknya kita harus memiliki saru orang helper. Dengan adanya helper kita bisa mengatur pekrjaan dg lebih asik.
Andai ada dua mobil datang...maka lakukan pembongkaran pada mobil pertama...
Setelah selesai...serahkan pada helper untuk proses pembersihan bongkaran...dan ingat hati2...helper biasanya perlu dikasih tahu bagian2 mana yang perlu dicuci atau tidak...
Jangan sampai nanti ada pertanyaan begini,
" Hey Lai, dimana kau taruk itu koil avanza?"
Dengan wajah polos dia jawab, "Anu bang, sedang aku rendam di bak pake deterjen biar bersih!"
Pletakkkkk....dijamin deh ada bintang2 bertabur disekitar kepala hehehe
Sementara hail bongkaran mobil pertama dibersihkan helper, kita bisa hamdel mobil berikutnya.
c). Alat pelindung Kerja
Ini mutlak harus kita lakukan, sedikit memaksa namun berdampak besar untuk membangun image konsumen terhadap layann kita.
- Baju kerja, pake yang rapi dan bersih...seragam berdua dg helper...gak usah takut kerukar, orangvdatang sdh bisa tahu mana bosnya mana hlpernya...dr aura anda sudah bisa diketahui hehehe
Jgan pakai pesan...beli saja dulu yang murah dipasaran...baju bernuansa otomotif bejibun...ambil warna ngejreng merah kombinasi biru dll yang ptg saat kotor tdk menyolok!.
- Pelindung bodi, ini vital sekali, banyak bengkel bahkan sdh maju sekalipun abai dgn piranti stu ini. Ini untuk mengjindari kunci jatuh menimpa sisi bonet yang bisa mngakibatkan kekecewaan konsumen akibat lecet.
Saya selalu beli vinil dan saya jaitkan sendiri untuk 4 pasang mobil hanya habis bahan 6 mtr dg harga 24rb/m.
-Sepatu...jgan sampai ketinggalan...selain kita sebagai teknisi terlindungi dr benda2 keras yang jatuh...berkesan profesionaldihadapan konsumen....juga nampak gagah didepan janda sebelah...kikikikikik!.
Aduuh tak terasa sudah banyak bnget...sampai disini dulu sobat mekanik.
Insyaa ALLOH pada serial mendatang akan kita bahas mengenai "hal-hal sepele yang bisa menghambat pertumbuhan/kelangsungan usaha!"
Mohon maaf bila banyak salah kata!
Tetap semangat menggapai mimpi...salm dan doa terindah mengiringi kalian dari Jogja ....tetap rendah hati dan murah senyuman!
Big thank to our admin FKMOI mas Joko Endarwanto
And for our leader in AMBINDO :
Bang Otosolusi Bms, akang Asep Mc GyverMas Poer, om Sony Chon, bang Tato Sulistyo, and mamy more!
Bravo FKMOI..
Bravo AMBINDO...
And...bravo Mekanik Indonesia

ORIGINAL POST N WRITTEN BY :
OWNER BENGKEL MODENA DI JOGJAKARTA 


baca juga serial kewirausaha serial 1 sd 10 di bawah ini 

  1. serial kewirausaha serial 1
  2. serial kewirausaha serial 2
  3. serial kewirausaha serial 3
  4. serial kewirausaha serial 4
  5. serial kewirausaha serial 5
  6. serial kewirausaha serial 6
  7. serial kewirausaha serial 7
  8. serial kewirausaha serial 8
  9. serial kewirausaha serial 9
  10. serial kewirausaha serial 10

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money