Rabu, 12 November 2014

LANGKAH MUDAH MEMBANGUN BENGKEL BAGI MEKANIK bag 2

Serial Kewirausahaan bag. 2
"LANGKAH MUDAH MEMBANGUN BENGKEL BAGI MEKANIK"
"PENGEMBANGAN USAHA"


Assalaamualaikum....
Salam sejahtera sahabat mekanik diseluruh tanah air. Bahagia sekali di hari yang indah ini saya dapat memenuhi janji yang ke dua tentang langkah"PENGEMBANGAN USAHA"
Semoga kabar sehat selalu untuk sahabat mekanik dan keluarga. Setelah kemarin saya ulas tentang langkah-langkah mudah mendirikan usaha bengkel bagi mekanik, kini kita bersama akan mencoba mempelajari konsep langkah pengembangan.
Tak bisa dipungkiri bahwa, begitu banyak dan mudah mendirikan usaha, dengan kata sederhana asal ada modal siapa saja bisa buka usaha!
Namun, untuk membuat usaha yang kita kelola menjadi maju dan berkembang dari waktu ke waktu maka itu memerlukan langkah yang tepat dan cermat agar hasil sesuai keinginan kita.
Yuk kita kebut disini....jangan lupa...pasang pikiran positif bahwa saya yang bermodal skil tehnik minimum saja mampu apalagi Anda semua yang sudah membekali diri dengan tehnik skil yang jauh diatas saya, harus bisa!
Nih...kopinya diseruput dulu biar plong...!

Langkah pengembangan usaha ini meliputi :
A. Cara Memperoleh Konsumen
B. Sistem Penguatan Modal Mandiri
C. Akselerasi / Percepatan pengembangan usaha.
D. Manajerial sistem keuangan dan operasional.
E. Pengembangan dan inovasi.
F. Kebiasaan remeh/sepele yang mengancam kelangsungan usaha.

Yuk kita kupas satu persatu, dari
A. CARA MEMPEROLEH KONSUMEN.

Ini adalah tujuan pertama dari usaha kita, karena konsumenlah yang membuat usaha kita bisa tetap berjalan. Langkah awal paling mudah, jauh sebelum kita putuskan mandiri, coba dengan mulai memperkenalkan diri pada orang2 pemilik mobil di seputar kita tinggal namun ingat, yang bukan konsumen bengkel tempat kita bekerja. Sebagai mekanik yang bermartabat tentu kita memiliki attitud yang OKE dan beretika.
Kita tidak mau kan menyakiti hati juragan kita yang selama ini telah menampung memberikan kita tempat bekerja hingga kita bisa tumbuh berkembang menjadi teknisi berpengalaman. Dan dari juraganlah kita bisa mengerti seluk beluk usaha bengkel.
Selanjutnya lakukan pengenalan usaha melalui publikasi media.
1. Bikin Kartu Nama, 
Bagikan pada orang bermobil yang anda temui...jangan takut ditolak...yakinlah 10 dari 100 kartu akan berbuah deal service.
Mungkin sekarang belum, namun dalam waktu mendatang pas mobil dia rewel...ingat deh kartu nama kita. Deal kan?
Banyak dari kita yang sudah mengambil kesimpulan negatif lebih dahulu, sebelum mencoba ah masak sih dia mau service ke tempatku?
Kalau tidak dicoba, bagaimana kita tahu dia mau atau tidak. 
Bila ada sekian kemungkinan negatif, buatlah kesimpulan positif dan tanamkan keyakinan bahwa kemampuan anda layak mereka pertimbangkan.
Bagikan kartu nama dengan tatakrama yang santun memperkenalkan usaha kita. Kalau sulit, ini bisa dicatet, dan hafalkan...."E..e. Selamat pagi siang sore dan malam, mohon maaf mengganggu, ini saya titip kartu nama, barangkali suatu saat Bpak/Ibu/Tante(bukan janda lho ya?) memerlukan bantuan perbaikan kendaraan Bpak/Ibu/Tante, silahkan hubungi nomer ini, dengan senang hati kami siap membantu!"
..tatap matanya dengan bersahabat, jgan lupa sertakan senyuman (makanya rajin gosok gigi hehehe). Ingat, jangan sambil kedip sebelah mata, bisa2 ada hi heels melayang hehehe.
2. Buat Leaflet / Pamflet / Selebaran
Ini sangat lazim bahkan wajib dilakukan apapun usaha kita, buat minimal seribu lembar, murah kok paling 300rb, bikin dengan desain menarik dan informatif serta inovatif...mudah dimengerti. Minta bantuan desainer tempat kita cetak...pasti dengan senang hati merwka layani. Masukkan dalam plasti 1 kg dan cari perumahan2, kantor2, tempat parkir umum. Temui sekurity disitu, ini etika, kemukakan keinginan kita.
Ingat, kebanyakan sekurity punya naluri tidak suka bila daerah teritorialnya diusik orang asing tanpa permisi..... Akan lebih welcome boleh tu teori selip gudang garam/djie sam soe dilakukan....sret...sret...mulus deh rencana. Plastik berguna menjaga pamflet tdk hancur bila kena hujan.
Selip2kan pada pagar rumah, wiper2 di parkiran, atau bisa juga dengan dikasih langsung di traffic light!.
3. Lewat media sosial
Sekarang era teknologi informasi, maka menggunakan media sosial merupakan salah satu langkah jitu dalam memperkenalkan usaha kita. Dari paling ringan sampai yang berbayar...seperti Facebook, BBM, Path, Twitter, dll
Juga pasang iklan lewat Koran, Radio.
Pengenalan.memang menjadi hal yang paling perlu dilakukan demi untuk dapat segera menstabilkan usaha.
4. Lewat Konsumen Kita
Lho kok bisa, nha ini dia salah satu media iklan paling efektif! Caranya, setiap ko sumen baru yang dtang di bengkel kita, layani dwngan sepenuh hati. Setelah pekerjaan selesai, maka terjadilah proses transaksi, dalam waktu itu kita sampaikan begini, " Bapak, semua pekerjaan yang telah dilakukan, kami tanggung seratus persen baik jasa maupun spare part selam (mangga tentukan sendiri waktu garansi, tdk usah kawatir ini trik meraih hati konsumen, yakinlah bila pekerjaan yang telah kita lakukan itu memenuhi standart kerja yang baku, maka tdk perlu kawatir mesin akan rusak dlm waktu dekat), "bilamana setelah dari sini masih ada keluha terkait pekerjaan kami,"(ini langkah defens, karena sering orang habis service komplin untuk kerusakan yang berbeda/modus), silahkan Bpak sampaikan pada kami agar bisa kami benahi ulang, jangan lupa pak, kabarkan pada saudara/sahabat2 Bapak untuk servis disini...!" nah lho gampang kan.
Saya sudah membuktikan, banyak sekali konsumen datang ats rwkomendasi teman, tetangga, kenalan, dan familinya.
Oke, jari2ku sudah lelah nih...silahkan dibaca dulu ya...dan mangga ditelaah dg teliti, mohon saran dan masukan yang positif demi satu tujuan...memperbiki kualitas hidup dimasa mendatang.
Insyaa ALLOH tak lama lagi akan saya bahas langkah pengembangan B,C,D,E, dan F....
Great thank for admin FKMOI mas Joko Endarwanto...juga para pembina AMBINDO bang Otosolusi Bms, Mas Poer, om Sony Chon, bang Tato Sulistyo, akang Asep McGyver. Salam terindah untuk langkah lebih baik. Bravo FKMOI, Bravo AMBINDO, Bravo Mekanik Indonesia.

penulis :
Khozin Natul Asror Sidiq
salah satu member grup mekanik fkmoi
dan beliau juga pemilik dari bengkel perbaikan dan perawatan mobil '' MODENA '' di JOGJAKARTA








baca juga serial kewirausaha serial 1 sd 10 di bawah ini 
  1. serial kewirausaha serial 1
  2. serial kewirausaha serial 2
  3. serial kewirausaha serial 3
  4. serial kewirausaha serial 4
  5. serial kewirausaha serial 5
  6. serial kewirausaha serial 6
  7. serial kewirausaha serial 7
  8. serial kewirausaha serial 8
  9. serial kewirausaha serial 9
  10. serial kewirausaha serial 10


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money