Kamis, 27 Maret 2014

Mengemudi mobil matic yang benar


Mobil yg sudah mengadopsi transmisi matic cara mengoperasikannya sangatlah gampang. Tanpa perlu repot repot memindahkan posisi gigi cukup injak pedal gas dan rem dan fokus ke jalan raya.
  tapi walaupun begitu kita tdk boleh seenaknya asal nyetir aja karna mbl bertransmisi pintar ini butuh perlakuan bijaksana supaya usia komponen lebih awet. ujar pemilik salah satu bengkel yg ada di segeri pangkep tentang tata cara mengoperasikan mobil yg bertransmisi pintar ini.
berikut peraturan yg tidak boleh dilanggar dalam mengoperasikan transmisi matic.
- dari posisi D ke R
     biasanya banyak orang terburu buru  dari posisi D ke mode R untuk mundur itu dilakukan dgn cepat padahal itu tdk diperbolehkan. Cara yg benar adalah; dari posisi D pindahkan dulu ke N.. NETRAL., biarkan sejenak kmudian geser secara lembut dan biarkan beberapa saat dan rasan adanya entakan halus itu pertanda transmisi sdh terhubung. Jangan sampe mbl msih bergerak sedikit langsung diposisikan ke mode R karna anda akan memperpendek usia komponen terutama as kopel dan ini memungkinkan transmisi mengalami kerusakan pada planetari gear.
- gunakan gigi terendah di turunan curam
   jika melewati penurunan jangan posisikan mode D kalau perlu turunkan posisi gigi satu step atau tekan o/d . Overdrive supaya mesin mendapatkan effek break. Jika turunan sangat curam posisikan ke angka 1 supaya kinerja rem terbantu oleh mesin.
  - berikut penggunaan yg harus diperhatikan
           * posisi D untuk jalan datar dan tanjakan kecil karna mbl bisa mencapai kecepatan maksimal
              pada posisi ini.
           * D3 untuk jalanan yg agak menanjak
           *  D2 untuk jalanan menanjak
           *  D1 untuk tanjakan yg sangat terjal
Sedikit tips tambahan apabila berkendaraan jauh sebaiknya selalu mengecek keadaan mesin apabila terlalu panas berhentilah sebentar untuk menstabilkan keadaan mesin.

original post by :  pro speed. Zhumpallabbu. Auto mobile tech

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money